Shalat Sunah Wudhu




shalat sunah wudhu

Apa shalat sunah wudhu ? shalat sunah wudhu adalah shalat sunah yang di kerjakan setelah melakukan wudhu. Shalat sunah wudhu merupakan salah satu jenis shalat yang sangat mudah dan ringan untuk di kerjakan. Shalat ini hanya terdiri dari dua rakaat dan dapat di kerjakan kapanpu setelah mengambil air wudhu, di luar waktu-waktu yang di haramkan untuk mengerjakan shalat. Shalat sunah wudhu adalah salah satu jenis shalat sunah yang paling mudah dan ringan, karena hanya terdiri dari dua rakaat saja. Meskipun demikian, ternyata keringanan dan kemudahan tersebut justru malah membuat kebanyakan umat islam enggan dan telah mengabaikan shalat sunah wudhu. Padahal, barang siapa yang senantiasa mengerjakan shalat sunah wudhu dengan ikhlas, Insya Allah akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah swt. ‘’Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam pernah berkata kepada sahabat bilal: ceritakanlah kepadaku amal apa yang amat engkau harapkan dalam islam, sebab aku mendengar suara kedua sandalmu di surga? Sahabat Bilal menjawab: tidak ada amal ibadah yang paling aku harapkan selain setiap aku berwudhu baik siang atau malam aku selalu shalat setelahnya sebanyak yang aku suka’’. (HR. Bukhari)

Setelah berwudhu membaca doa setelah wudhu:
‘’Asyhadu an laa ilaaha illallaahu wahdahuu laa syarika lahu wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuuluhu Allahummaj’alnil minat tawwaabiinaa waj’alnii minal mutathahiriina waj’alnii min ‘ibaadikhasshaalihiin.’’                                                      
Artinya: Aku bersaksi tiada tuhan selain Allah, dan tidak ada sekutupun bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah, Ya Allah ,jadikanlah aku orang yang ahli taubat, dan jadikanlah aku orang yang suci dan jadikanlah aku golongan orang-orang yang shaleh.     
        
Dari hadist tersebut bahwasannya jika sahabat Bilal batal berwudhu maka ia langsung berwudhu setelah itu sahabat Bilal shalat sunah. Demikianlah amal yang telah di lakukan oleh sahabat Bilal sehingga suara sandalnya terdengar sampai di surga.

A.  Niat Shalat Sunah Wudhu Adalah, sebagai berikut:

Ushalli sunnatal wudhu’i rak’ataini lillahi ta’alaa, Allahu akbar
Artinya: saya niat shalat sunah wudhu dua rakaat karena Allah ta’alaa, Allahu Akbar

B.   Tata Cara Melaksanakan Shalat Sunah Wudhu

Tata cara melaksanakan shalat sunah wudhu adalah sama dengan cara melaksanakan shalat fardhhu, hanya niatnya saja yang berbeda:
1.      Sehabis berwudhu di sunahkan membaca doa setelah wudhu                                 
2.      Selesai membaca doa tersebut, lalu melaksanakan shalat sunah wudhu dua rakaat
3.      Surat yang di baca boleh apa saja, akan tetapi di sunahkan membaca surat berikut ini: Rakaat pertama membaca surat an nisa’ ayat 64, kemudian di lanjutkan dengan membaca surat Al kafirun. Rakaat ke dua membaca surat an nisa’ ayat 110, kemudian di lanjutkan dengan membaca surat Al ikhlas.
4.      Shalat ini di kerjakan dua rakaat sebagaimana shalat yang lain sampai salam.
 
Wahai para muslim, shalat adalah tiangnya agama, dan shalat sunah adalah penyempurnah bagi shalat fardhu. Dan tidak ada amalan seberat apapun, baik itu buruk maupun baik. Allah swt pasti akan memberikan balasanNya. Untuk itu, marilah kita mulai untuk sama-sama membiasakan mengerjakan shalatsunah wudhhu dengan ikhlas dan penuh harapan atas rahmat dan ampunan Allah swt.

Sumber : Paket Umroh


0 komentar: