shalat sunah dhuha


shalat sunah witir

Sering kali kita sebagai umat muslim mendengar seruan untuk shalat sunah dhuha. Berbagai keutamaan  serta manfaat Shalat sunah Dhuha yang sangat banyak, membuat para ulama dan peceramah tidak bosa-bosannya untuk menyampaikan dan mengajak untuk melaksanakan shalat sunah Dhuha.
Apa pengertian dari shalat sunah Dhuha ? Shalat dhuha adalah shalat sunat yang dikerjakan saat matahari terbit hingga terasa panas sebelum shalat Dzuhur atau shalat sunah yang di kerjakan di waktu pagi hari dari sekitar pukul tujuh sampai dengan pukul sebelas,. Kenapa shalat sunah dhuha sangat utama? adalah Shalatsunah  dhuha yang mempunyai banyak sekali manfaat untuk kehidupan di dunia dan di akhirat.

Tatacara mengerjakan shalat sunah dhuha

Sebagai umat islam tentu kita harus tahu cara melaksanakan shalat sunah dhuha, cara mengerjakan shalat sunah dhuha, sebagai berikut : 
-          Waktu shalat sunah dhuha : mulai terbitnya matahari sampai dengan bergesernya matahari di titik atau sekitar pukul 07.00 s/d 11.00 wib
-          Pelaksanaan shalat sunah dhuha : dilaksanakan sua raka’at sekali salam
-         Jumlah raka’at shalat sunah dhuha : paling sedikit 2 raka’at dan paling banyak 12 raka’at
-          Niat shalat sunah dhuha : ushalli sunatadh dhuha rak’ataini lillahi ta’alaa
-          Bacaan surat shalat sunah dhuha : surat adh-dhuha atau surat apapun yang kita ketahui

Hikmah shalat sunah dhuha

Supaya diberikan kelancaran rizeki yang berlimpah dan dimudahkan dalam segala hal apapun atau dalam melakukan sesuatu serta diampuni kesalahn dan dosanya.

Hadist shalat sunah dhuha

Rasulullah SAW pernah bersabda :
-          ‘’Barang siapa shalat sunah Dhuha 12 rakaat, Allah akan membuatkan untuknya istana disurga”(H.R. Tirmidzi dan ibnu Majah)
-          ‘’Barang siapa yang melaksanakan shalat sunah dhuha dengan langgeng, akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak buih di lautan." (H.R Tirmidzi)
-          ‘’Rasulullah bersabda di dalam Hadis Qudtsi, Allah SWT berfirman, “Wahai anak Adam, jangan engkau sesekali malas mengerjakan empat rakaat shalat sunah dhuha, karena dengan shalat tersebut, Aku cukupkan kebutuhanmu pada sore harinya.” (HR Hakim & Thabrani)

Doa shalat sunah dhuha

Pada dasarnya doa setelah shalat sunah dhuha boleh menggunakan doa apapun. Tetapi doa yang biasanya dibaca setelah shalat sunah dhuha adalah :

’bismillah hirrahmanirrahim,  Allahumma innad dhuha-a dhuha-uka, wal baha-a baha-uka, wal jamala jamaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal 'ismata 'ismatuka. Allahumma in kana rizqi fis sama-i fa-anzilhu, wa in kana fil ardhi fa akhrijhu, wa in kana mu’assiran fa yassirhu, wa in kana kharaman fathahhirhu, wa in kana ba’idan faqarribhu, bihaqqi dhuha-ika, wa baha-ika, wa jamalika, wa quwwatika, wa qudratika, aatini ma atayta 'ibadakas sholihin, rabbana atina fiddunya khasanah wafil akhirati khasana wakina adza bannar ".

Artinya : Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang ‘’Ya Allah, sesungguhya waktu dhuha itu adalah waktu dhuha-Mu, dan keagungan itu adalah keagungan-Mu, dan keindahan itu adalah keindahan-Mu, dan kekuatan itu adalah kekuatan-Mu, dan perlindungan itu adalah perlindungan-Mu. Ya Allah, jika rizkiku masih di atas langit, maka turunkanlah, jika masih di dalam bumi, maka keluarkanlah, jika masih sukar, maka mudahkanlah, jika ternyata haram, maka sucikanlah, jika masih jauh, maka dekatkanlah, Berkat waktu dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaan-Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hambaMU yang sholeh, Ya Tuhan kami (Allah), berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka.

Sumber : Layanan Umroh

1 komentar:

saiful lutfi mengatakan...

postingan yang bagus gan, oh iya visit balik ya gan http://makna-istilah-alquran.blogspot.com/