Shalat Sunah Hajat



shalat sunah hajat
Apa shalat sunahhajat ? shalat sunah hajat adalah shalat sunah yang di kerjakan siang hari maupun malam hari, dan lebih utama di kerjakan di malam hari. Di kerjakan paling sedikit dua raka’at, dan paling banyak dua belas raka’at. Shalat sunahhajat bertujuan agar hajatnya senantiasa di kabulkan oleh Allah swt. 

A.Tatacara Melakukan Shalat Sunah Hajat 

Shalat sunahhajat tidak mempunyai waktu tertentu, asal pada waktu yang tidak di larang, misalnya setelah shalat ashar atau setelah shalat subuh. Shalat sunah hajat di lakukan dengan munfarid (sendiri) paling sedikit  dua raka’at paling banyak dua belas raka’at. Jika di lakukan pada malam hari maka setiap dua raka’at sekali salam dan jika di lakukan pada siang hari maka boleh empat raka’at dengan sekali salam dan seterusnya. 

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda : ‘’Barang siapa yang berwudhu dengan wudhu yang sempurna, kemudian shalat dua raka’at (shalat sunah hajat) dan sempurna raka’atnya maka Allah berikan apa yang di minta cepat atau lambat.’’ (HR.Ahmad)
-  Niat shalat sunahhajatdidalamhatibersamaandengantakbiratulikhram                                                           -  Membaca doa iftitah                                                                                                                                 -Membacasuratalfatiha                                                                                                                                                   -Membaca surat al ikhlas pada raka’at pertama dan membacaayatkursipadaraka’atkedua                             -ruku’besertatuma’ninahdandoabacaanya                                                                                                        -I’tidalsambilmembacadoabacaanya                                                                                                                   - Sujud beserta tuma’ninah dan doa bacaanya                                                                                             - duduk di antara duasujudbesertamembacadoabacaanya                                                                             -  Sujud yang ke dua beserta tuma’ninah dan memebaca doa bacaanya
Setelah raka’at pertama selesai, lakukan raka’at ke dua sebagaimana cara di atas, kemdudian tasyahud akhir setelah selesai maka membaca salam dua kali.
 
Setelah selesai  shalat sunah hajat membaca dzikir dan berdoa sampaikan hajat yang kita inginkan kemudian memohon petunjuk kepada Allah agar tercapai semua hajatnya.

B. Niat Shalat Sunah Hajat 

Ushallii sunnatal haajati rak ataini lillaahi ta’alaa
Artinya:  Aku berniat shalat sunah hajat dua rakaat, karena Allah ta’alaa.

C. Keutamaan Shalat Sunah Hajat

Dalam hadist yang di riwayatkan imam Tirmidzi, Rasulullah menjelaskan tentang doa shalat sunah hajat tersebut, yakni jika seseorang berwudhu dengan sempurna, lalu shalat dua raka’at (shalat sunah hajat) setelah itu bershalawat dan berdoa , niscaya hajat atau kebutuhannya akan di kabulkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. 

D. Doa Shalat Sunah Hajat

Setelah mengerjakan shalat sunah hajat, maka doa yang di baca adalah sebagai berikut :
Bismillah hirrahmanirrahim, laa ilaaha illaallaahu haliimul kariimu subhaana rabbil ‘arsyil adhiim. Alhamdulillaahi rabbil a’lamiin. As-aluka muujibaati rahmatika wa azzaima maghfiratika wal ghamiimati min kulli birrin was salaamata min kulli itsmin laa tada‘lii dzanban illaa ghafartahu walah hamman illaa farrajtahu walaa haajatan illaa hiya laka ridla illaa qadlaitahaa yaa arhamar raahimiin.       
Artinya: Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang, tiada tuhan selain Alllah yang maha penyantun lagi maha mulia, maha suci tuhannya arsy yang agung. Segala pujibagi Allah tuhan semesta alam. Aku memohon kepadaMu atas ter-kabulnya rahmatMu, mengharapkan ampunanMu, dan segala pemberian baik, serta keselamatan dari  segala dosa, (sehingga) tidak meninggalkan aku sebagai orang yang berdosa melainkan Engkau mengampuninya. Dan janganlah Engkau meninggalkan aku dalam kesempitan ; melainkan Engkau melapangkannyan serta tidak pula sesuatu hajat yang mendapat keridhoanMu melainkan Engkau kabulkan. Wahai Dzat yang paling penyayang di antara semua yang penyayang.




0 komentar: