Shalat sunah Taubat


shalat sunah istisqa

            Apa yang di maksud shalat sunah taubat ? shalat sunah taubat adalah shalat sunah yang di kerjakan sebagai taubat kepada Allah atas dosa-dosa yang telah kita lakukan, shalat taubat juga merupakan bentuk ungkapan penyesalan kita kepada Allah, dan sebagai pernyataan bahwa dirinya akan kembali kepada jalan yang benar dan tidak akan melakukan perbuatan dosa.

Para ulama menyebutkan adanya shalat tersebut, walaupun penamaannya dengan ‘’taubat’’ tidak langsung dari Nabi muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam. Dalil yang menunjukkan  adanya shalat yang di maksud adalah hadist Abu Bakar Ash-shidiq ra berikut ini: Aku pernah mendengar Rasulullah bersabda, ‘’ Tidak ada seorang muslim pun yang berbuat dosa lalu bangkit dan bersuci kemudian melakukan shalat taubat lantas meminta ampun kepada Allah subhanahu wa ta’alaa melainkan Allah akan mengampuninya. ‘’ lalu beliau membaca ayat ini, ‘’Dan orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampunterhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain Allah subhanahu wa ta’alaa? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedangkan mereka mengetahui. ‘’(Alii Imran ayat 135)

Tata Cara Shalat sunah Taubat

-          Niat shalat sunah taubat:
Ushalli sunnatat taubati rak’ataini lillahi ta’alaa
Artinya: ‘’ aku niat shalat sunah taubat dua rakaat karena Allah ta’alaa.’’


-          Jumlah rakaatnya ada dua

-          Surat yang di baca pada shalat sunah taubat bisa surat apa saja, namun sebaiknya baca :
rakaat pertama: membaca al fatiha dan surat al kafirun
rakaat kedua: membaca surat al fatiha dan surat al ikhlas


-          Setelah shalat membaca istighfar 100 kali ( astagfirrullah hal adzim )

-          Kemudian Berdoa : 
Astaghfirullahal adzim al ladzi laa ilaahaa illaa huwal hayyul qayyumu wa atubu ilaihi taubata ‘abdin zhaalimin laa yamliku li nafshihi dhaaran wa laa naf’an wa laa mautan wa laa hayaatan wa laa nusyuuraa.
Artinya: saya memohon ampunan kepada Allah yang maha agung, saya mengaku tiada tuhan selain Allah, Allah yang hidup terus selalu terjaga. Aku memohon taubat kepada Allah, selaku taubatnya seorang hamba yang banyak dosa, yang tidak mempunyai kekuatan untuk berbuat yang tidak ada manfaatnya, untuk mati atau hidup maupun bangkit nanti.

Waktu Pelaksanaannya

Shalat sunah taubat ternasuk shalat sunah mutlaq yang dapat dilaksanakan kapan saja. Siang ataupun malam.
Adapun waktu larangan shalat sunah ada lima, sebagai berikut:
1.      Dari saat matahari persis berada di tengah-tengah sampai condong
2.      Dari shalat ashar sampai tenggelam matahari
3.      Menjelang tenggelam matahari sampai tenggelam sempurna

Dalil Tentang Shalat sunah Taubat 

Hadist dari riwayat imam trimidzi, Abu Dawud, dan Ahmad di dalam kitab musnad.
‘’ Tidaklah seorang hamba berbuat satu dosa, lalu ia bersuci dengan baik, lalu berdiri untuk mengerjakan shalat dua rakaat, kemudian memohon ampun kepada Allah , melainkan Allah akan mengampuni dosanya.


Sumber : Pelayanan Umroh Terbaik

0 komentar: