Rukun-Rukun Shalat


shalat wajib fardlu

Apa yang di maksud rukun-rukun shalat ? rukun-rukun Shalat adalah setiap perkataan atau perbuatan yang kan membentuk hakikat shalat. Jika salah satu rukun tidak ada, maka shalat pun tidak di anggap dan juga tidak bisa di ganti dengan sujud sahwi.

Shalat mempunyai rukun-rukun yang apabila salah satunya di tinggalkan, maka batallah shalatnya, berikut ini penjelasan secara rinci tentang rukun-rukun shalat.

1.     Niat
Niat di baca di dalam hati untuk melaksanakan shalat. Hal ini berdasarkan hadist Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam, ‘’ sesungguhnya segala amal perbuatan itu tergantung pada niatnya.’’

2.     Takbiratul ikhram
Yaitu dengan membaca ucapan : ‘’ Allahu akbar ‘’
hal ini berdasarkan sabda Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam, ‘’ Awal pembuka shalat adalah bersuci, pembatas antara perbuatan yang boleh atau tidaknya di lakukan waktu shalat adalah takbir, dan pembebas dari keterikatan shalat adalam salam. ‘’ (HR. Abu Daud dan At Tirmidzi )

3.     Berdiri bagi yang mampu
seperti hadist Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘’ shalatlah dalam keadaan berdiri. Jikalau tidak mampu, kerjakanlah dalam keadaan duduk. Jikalau tidak mampu lagi, maka kerjakanlah dengan cara tidur.’’

4.     Membaca Surat Al Fatihah
Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam : ‘’ Tidak sah shalat seseorang yang tidak membaca surat al fatihah. ‘’ ( HR. Bukhari )

5.     Ruku’ Beserta Tuma’ninah
Berdasarkan hadist nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam pernah mengatakan kepada orang yang shalatnya jelek, sampai dia di suruh mengulangi shlatnya beberapa kali karena tidak memenuhi rukun-rukun shalat.
sedangkan yang di maksud tuma’ninah adalah berdiam diri sebentar sekitar membaca lafadz tasbih ( subhanallah ) tiga kali

6.     I’tidal setelah ruku’ beserta tuma’ninah
Shalat tidaklah sempurna sampai salah seorang di antara kalian menyempurnakan wudhu, kemudian bertakbir, lalu melakukan ruku’ dengan tuma’ninah dan tenang ( HR. Ad Darimi no. 1329.) syaikh husain salim asad mengatakan bahwa sanad hadist ini sahih.

7.     Sujud Dan Tuma’ninah
seperti sabda Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam yang berkata kepada orang yang shalatnya jelek : ‘’ kemudian sujudlah dan bertuma’ninahlah ketika sujud’’
Kemudian Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda lagi : ‘’ Aku di perintahkan bersujud dengan tujuh bagian anggota badan :
- telapak tangan kanan
- telapak tangan kiri
- lutut kanan
- lutul kiri
- ujung kaki kanan
- ujung kaki kir
- yang terakhi dahi dan hidung

8.     Duduk di antara dua sujud dan tuma’ninah

9.     Duduk tasyahud akhir

10.  Membaca shalawat kepada Nabi setelah membaca tasyahud akhir

11.  Mengucap salam

12.  Melakukan rukun-rukun shalat secara berurutan

Sumber : Layanan Umroh

0 komentar: