Shalat Jama’ Dan Qashar




Apa Shalat Jama’ Dan Qashar ? Shalat Jama’ Dan Qashar adalah dua shalat fardhu yang di kumpulkan dalam satu waktu dan di kerjakan secara berurutan. Seperti shalat dhuhur dan shalat ashar, shalat maghrib dengan shalat isya’.

Sedangkan shalat qashar adalah shalat fardhu yang bilangannya empat raka’at di ringkas menjadi dua raka’at.
Shalat jama’ terbagi menjadi dua macam, yaitu shalat jama’ taqdim dan shalat jama’ ta’khir

1. Jama’ taqdim

Apa shalat jama’ taqdim ? shalat jama’ taqdim adalah  mengumpulkan dua raka’at akan tetapi pelaksanaannya pada waktu shalat yang lebih dahulu. Misalnya shalat dhuhur dan shalat ashar di kerjakan pada waktu dhuhur, dan shalat maghrib dan shalat isya’ di kerjakan pada waktu shalat maghrib.

Syarat-Syarat Shalat Jama’ Taqdim

Syarat-syarat jama’ taqdim adalah sebagai berikut :

1.Di kerjakan dengan tertib, yakni shalat dhuhur dulu kemudian shalat ashar. Shalat maghrib dulu kemudian shalat isya’.                                                                                                       2.Niatjama’nyaharusdishalatyangpertama                                                                                                        3.Harus di kerjakan berurutan.                                                                                                                      
-   Contoh niat shalat dhuhur jama’ taqdim qashar:

Ushallii fardhal dluhri rak’ataini qasharan majmuu’an ilaihii ‘ashru adaa-an lillaahi ta’aalaa. Allahu Akbar.

Artinya : Aku berniat shalat fardhu dhuhur dua raka’at qashar dengan jama’ beserta ashar, tepat waktu karena Allah Ta’ala. Allah maha besar.

-          Contoh niat shalat ashar jama’ taqdim qashar :

Ushallii fardhal ‘ashri rak’atini qasharan majmuu’anilaadl dlihri adaa-an lillaahi ta’aalaa. Allahu Akbar 

Artinya : Aku berniat shalat fardhu ashar dua raka’at qashar dengan jama’ beserta dhuhur , tepat waktu karena Allah Ta’ala. Allah maha besar.

2. Jama’ Ta’khir  

Apa shalat jama’ ta’khir ? shalat jama’ ta’khir adalah mengumpulkan dua shalat tetapi pelaksanaannya pada waktu shalat yang belakang. Misalnya, shalat dhuhur dan shalat ashar di kerjakan pada waktu shalat ashar, dan shalat maghrib dan shalat isya’ di kerjakan pada waktu shalat isya’.

Syarat-Syarat Shalat Jama’ Ta’khir 

Syarat-syarat jama’ ta’khir adalah sebagai berikut : 

1.Niatjama’nyaharusdishalatyangpertama                                                                                                           2.Masih dalam bepergian

-  Contoh niat  shalat maghrib jama’ ta’khir qashar : 

Ushallii fardhal maghribi tsalaatsa raka’aatin majmuu’an ilaihil ‘isyaai adaa-an lillaahi ta’aala. Allahu Akbar.    
                    
Artinya : Aku berniat shalat fardhu maghrib tiga raka’at qashar dengan jama’ beserta isya’, tepar waktu karena Allah Ta’ala. Allah maha besar.         

Syarat-Syarat Shalat Qashar    
               
Seseorang yang boleh melakukan qashar hanya orang yang bepergian jauh atau musafir.      Sesesorang yang di katakan musafir ialah jikalau menempuh perjalanan kurang lebih 88 KM. Si hadist lainnya di sebutkan bahwa  Rasulullah SAW  jika bepergian lebih dari 15 KM, Beliau juga malakukan qashar , seperti hadist berikut : ‘’ dari yahya bin yazid al-hana ? berkata ,saya bertanya pada anas bin malik tentang jarak shalat qashar . Anas menjawab: ‘’Adalah Rasulullah SAW jika keluar menempuh jarak 3 mil atau 3 farsakh beliau shalat dua raka’at. ‘’(HR.Muslim).

Syarat-syarat shalat qashar adalah sebagai berikut :
1.Bepergian untuk bertujuan baik bukan maksiat.                                                                        2.Jarakbepergianminimal88KM                                                                                                                                3.Niat shalat qashar pada waktu memulai shalat.                                                                               4.Hanya shalat yang jumlahnyaempatraka’at,yangbolehdiqashar.                                                                   
5.Tidak boleh mengikuti imam yang tidaj menqashar 

Sumber : Layanan Umroh

0 komentar: