Shalat wajib jumat



Shalat wajib  jumat

shalat wajib jumat

Mengerjakan shalat wajib jumatmerupakan suatu kewajiban bagi orang laki-laki islam, mukalaf yang tidak berhalangan. 

Apa shalat wajib jumat ? Shalat wajib jumat adalah shalat yang di kerjakan di hari jumat sebanyak dua raka’at secara berjamaah dan di kerjakan setelah khutbah di kumandangkan.

A. Hukum shalat wajib jumat

Shalat wajib jumat mempunyai hukum wajib ‘ain bagi orang laki-laki atau pria dewasa yang beragama iaslam, merdeka dan manetap di dalam negeri  atau tempat tertentu. Jadi bagi para wanita atau perempuan, anak-anak, orang sakit dan budak, shalat wajib jumat tidaklah wajib hukumnya.
Seperti  Hadist Riwayat Bukhari                                                                                                              Diriwayatkan dari salman Al-Farisi r.a :Nabi Muhammad Saw pernah bersabda, ‘’ Barang siapapun yang mandi pada hari jum’at, membersihkan dirinyan semampunya, meminyaki rambutnya atau memakai wewangian di tubuhnya dengan wewangian yang ada di rumahnya, kemudian pergi untuk mengerjakan shalat wajib jumat dan tidak menerobos dua raka’at yang sedang duduk di dalam masjid, kemudian shalat sebanyak yang Allah wajibkan atasnya, lalu diam ketika imam tengah menyampaikan khutbah, maka dosa-dosanya antara jum’at itu dan jum’at sebelumnya di maafkan oleh Allah.

B. Syarat-syarat wajib shalat wajib jumat     
                                                        
Orang yang berkewajiban  shalat wajib jumat ialah sebagai berikut :
1.Beragama Islam                                                                                                                                            2.Berakal sehat                                                                                                                                                   3.Baligh                                                                                                                                       4.Laki-laki                                                                                                                                                                      5.Tidak ada halangan untuk menunaikannya

C. Syarat sahnya shalat wajib jumat

 Yang termasuk syarat sahnya shalat wajib jumat ialah sebagai berikut :
1. Dikerjakan pada saat dhuhur                                                                                                                2.Dikerjakansetelahkhutbah                                                                                                                                     3. Dikerjakan dengan berjamaah

D. Syarat-syarat dua khutbah wajib jumat

Yang termasuk syarat-syarat dua khutbah wajib jumat ialah sebagai berikut :
1.Dimulai bila tiba waktu dhuhur. 
2. Berurutan antara khutbah pertama dengan khutbah 
3.Isi rukun khutbah di dengar oleh para jamaah.
4. Suci badan, pakaian, maupun tempat terhindar dari najis. 
5. Menutup aurat.

E. Rukun-rukun dua khutbah shalat wajib jumat

Yang termasuk dua khutbah shalat wajib jumat adalah sebagai berikut :
1.Membaca Alhamdulillah pada dua khutba  
2. Membaca shalawat atas Nabi Muhammad saw                                                                                      3.Berwasiat untuk taqwallah. 
4. Membaca firman Allah pada salah satu khutbah  
F. Sunah-sunah shalat wajib jumat

Yang termasuk sunah-sunah shalat wajib jumat adalah sebagai berikut :
1.Mandisepertihalnyamandijunub                                                                                                                             2.Berpakaianputih                                                                                                                                                              3. Memakai wangi-wangian                                                                                                                       4.Memotongkuku,rambut,dankumis                                                                                                                                5.MembacaAlQur’an,doadandzikir                                                                                                                                    6. Shalat tahiyatul masjid sebelum duduk                                                                                                     7.Datanglebihawal                                                                                                                                                             8. Tenang dikala khatib mengumandangkan khutbah 

F. Lafadz niat shalat wajib jumat

Niat itu ada di dalam hati,  tetapi bagi yang menghendaki niatnya di ucapkan, maka lafadznya adalah :
Ushallii fardhal jum’ati rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa-an makmuuman lillahi ta’alaa. Allhu akbar.
Artinya:   Aku berniat shalat fardhu jumat dua raka’at menghadap kiblat, tepat waktunya sebagai makmum, karena Allah ta’ala Allah maha besar.

Sumber UMROH PAKET MURAH SMBC

0 komentar: